Ada di Saat Ini

Dalam bahasa yang cukup terkenal, ada di saat ini dikenal dengan Being Present. Kata kata ini terkenal karena kita yang saat ini banyak terkacaukan oleh banyaknya informasi. Tubuh dan pikiran kita tidak berada di tempat yang sama. Lalu kita sendiri, tidak menikmati keadaan sekitar kita saat ini. Terlebih lagi di era banjir informasi saat ini. Otak kita tidak tahu akan fokus ke mana. Semua hal terasa bisa dilakukan dan terasa penting untuk dilakukan saat ini.

Di dalam prinsip yang dipegang oleh Bangsa Jepang, ada istilah yang terkenal yaitu Ikigai (lihat juga: https://mengejakata.home.blog/2020/07/17/ikigai-ichi/). Salah satu prinsip dalam ikigai tersebut adalah hadir di saat ini. Hal ini sangat penting karena kita hidup di tempat dan waktu ini, bukan di yang akan datang maupun lampau dan di tempat lain. Saat ini memengaruhi masa depan. Jadi, hidup di saat ini dan hadir di saat ini akan memengaruhi masa depan kita. Jangan tanya tentang masa lalu, kita tidak akan pernah hidup di sana dan tidak bisa dirubah juga.

🌸🌺🍁

Prinsip ikigai ini lalu menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat Jepang yang kita kenal saat ini. Mereka memperhatikan hal-hal yang sangat kecil di sekitar mereka. Toko-toko makanan khas di sana diturunkan turun temurun selama beberapa generasi sehingga mereka memang ahlinya makanan tersebut. Lingkungan mereka selalu bersih karena dijaga sebaik mungkin untuk selalu bersih, ketika mengawali hari dan mengakhiri hari. Sebelum mereka menyantap makanan, mereka mengucapkan Ittadakimasu. Sebenarnya, itu merupakan ajaran Shinto untuk berterima kasih dan mengingat dan menghargai apa pun maupun siapa pun yang berperan sehingga makanan tersebut sampai di meja makan. Jadi, artinya tidak hanya sesederhana Selamat Makan.

Baru-baru ini, penulis juga menonton tayangan youtube di channal GreatMind yang membahas tentang Stoicism. Salah satu prinsipnya juga adalah kita hendaknya hari ada di saat ini.

🍂🍁🍀

Semoga kita bisa, karena ini salah satu cara bersyukur dan cara untuk selalu mengingatNya.

Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *