Pembelajaran learning cycle 5E berbasis inkuiri merupakan pembelajaran menggunakan tahap berdasarkan pada aktivitas inkuiri. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa tahap yang digunakan pada penelitian ini, tahap engage, tahap exsplore, tahap explain, tahap elaborate/extend, dan tahap evaluate.
Pada tahap engage ini, siswa diajak untuk menemukan permasalahan – permasalahan dan diberi motivasi untuk membangkitkan kemampuan berfikir mereka agar siswa mampu untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru mereka.
Pada tahap explore, siswa harus melakukan eksperimen dengan langkah-langkah yang dituju pada pemahaman dan konsep yang diharapkan pelaksanaan pada tahap ini dilakukan dengan bantuan alat perga atu media tumbuhan dan LKS (lembar kegiatan siswa). Media yang digunakan pada penelitian ini adalah tumbuhan. Guru akan memberikan kesempatan pada siswa, siswi untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diberikan tersebut
Tahap explain, siswa harus mengkomunikasikan hasil eksplorasi dengan bahasa mereka sendiri, kemudian, guru menanyakan hal-hal yang terkait dengan hasil eksplorasi siswa dan menjelaskannya di depan kelas secara bergiliran dan akan diberikan kesempatan lagi apabila ada yang masih belum dimengerti oleh para siswa .
Tahap elaborate/extend, siswa harus mengerjakan soal latihan yang ada di LKS. Siswa dituntut agar mengembangkan hasil yang diperoleh pada tahap explor untuk digunakan dalam memecahkan suatu permasalahan secarara berkelompok dan menyelsaikan permasalahan yang ada agar guru tau sampai dimana kemampuan siswa memecahkan masalah yang diberikan .
Dan yang terahir, tahap evaluate, siswa diberi soal atau kuis yang harus diselesaikan secara individual, soal yang telah diberikan tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa –siswi memahami materi yang di ajarkan dan selanjutnya mereka tetntunya akan diberikan soal uraian yang harus mereka kerjakan
Ditulis oleh:
Ema Septiana, Mahasiswa UNIQHBA