Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu para siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pengajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran ini cocok untuk mengembangkan pengetahuan dasar maupun kompleks (Ratumanan dalam Trianto, 2010: 92).

Menurut Tan (dalam Rusman, 2011: 229) bahwa pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah inovasi dalam suatu pembelajaran karena dalam kemampuan berpikir seorang peserta didik betul-betul dioptimalkan melalui proses kerja kelompok atau golongan yang sistematis, sehingga peserta didik dapat memberdayakan, menguji, mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Aktivitas pembelajaran harus mampu memahami model – model pembelajaran dengan baik agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.

Sekolah merupakan salah satu institusi penyelenggara pendidikan yang memiliki tanggung jawab untuk membentuk peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir. Dalam hal ini, proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di zamannya.

###

Ditulis oleh:

Rohani, Mahasiswa UNIQHBA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *