Nafas..

Nafas, secara umum, adalah udara yang dikeluarkan oleh makhluk hidup baik tumbuhan, hewan, ataupun makhluk lainnya. Prosesnya disebut bernafas. Baiklah, kita tidak akan sedang membahas pengertiannya secara detil. Yang jelas, bernafas adalah proses penting sehingga Makhluk Hidup bisa mempertahankan kehidupannya. 🍀


Setiap makhluk hidup bernafas dengan caranya sendiri. Misal, lihat saja lebah, kau tahu bagaimana ia bernafas? Atau kupu-kupu, apakah ia memiliki hidung? Atau nyamuk, ia mengisap darah, lalu bagaimana ia mengisap udara? Atau belalang, bagaimana?. dan makhluk hidup lainnya.

Pagi hari, dekat Kosan di Bogor, 2017

Baik, jika belum tahu. Alat pernafasan lebah, kupu-kupu, nyamuk, dan belalang ialah trakea. Berupa lubang kecil pada tubuhnya. Posisinya berbeda-beda. Yang paling mudah diamati saja, misal, belalang. Cari belalang kayu yang agak besar lalu perhatikan abdomen (atau perut) yang ada di bagian belakang. Di bagian kiri dan kanannya terdapat lubang pernafasan yang berpasangan. Pertukaran udara lalu terjadi setelah memasuki trakea tersebut. Di dalam tubuhnya, udara lalu dimanfaatkan untuk metabolisme dan proses lainnya.
Itu lah, tentang pernafasan makhluk hidup.


Peristiwa di sekitar kita memang ajaib, dan selalu menakjubkan. Dipenuhi oleh kejadian yang kita tidak akan mampu menciptanya. Tapi kita jarang takjub.
Secara pandangan makhluk, kita akan mati jika tidak bisa bernafas. Namun secara nubuwwah, bisa saja kita masih hidup, jika IA mengizinkannya. Bukan kah, hukum alam dibuat olehNya? Terserah IA bagaimana mengatur makhlukNya.

Sehingga, disampaikan oleh Gus Baha, dengan interpretasi dan pilihan kata penulis, suatu ketika, Imam Ali pernah berkata:


“Di akhirat kelak, bagaimanapun IA memperlihatkan keagunganNya, imanku tidak akan bertambah. Cukuplah keajaiban di dunia membuatku beriman seutuhnya padaNya”

Kita dikelilingi keajaiban, mari mempelajarinya, agar kita menyadari keagunganNya di sekitar kita.

Salam, 🍀😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *